Sabtu, 04 Juli 2020

Berbagi Pengalaman Menulis dan Menerbitkan Buku Ala M. Firman Suwarya

M. Firman Suwarya, M. Kom adalah Narasumber Belajar Menulis Bersama Om Jay hari Rabu, 1 Juli 2020. Tapi saya baru bisa menyelesaikan resume ini karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. Walaupun terlambat saya harus tetap menyelesaikan tugas ini. Adapun profil dari narasumber  kali ini adalah sebagai berikut:
    Nama : M. Firman Suwarya, M. Kom
    Instansi : SMPN Unggulan Sindang Indramayu
    Pendidikan : Sarjana Teknik Informatika STMIK TC Bandung, Pascasarjana Teknik Informatika                 STMIK Eresha Universitas Pamulang Tangerang Banten
    Alamat Kantor : Jl. Raya Terusan Km. 3 Terusan Sindang Indramayu Jawa Barat
    No. Wa : 085224494765

Adapun beberapa Media sosial yang bisa anda kunjungi jika ingin mengenal lebih jauh Pak Firman, diantaranya di FB: Muhammad Firman Suwarya, IG: @firmansuwarya, Email: firmansmuhammad@gmail.com, youtube: Youtube.com/c/firmansuwarya, dan Blog: gubuginformatika.blogspot.com.

Mengawali belajar menulis kali ini dengan istilah tentang FreeWriting yaitu teknik menulis cepat tanpa hambatan. Ini adalah istilah baru yang saya tahu. Semoga kedepannya bisa menulis cepat dengan teknik ini. Jika kita berani konsisten menulis 5 lembar per hari, maka yakin bahwa kita akan menjadi seorang penulis yang handal dan produktif. Secara umum  memeang menulis sebanyak 5 halaman itu membutuhkan waktu berjam-jam, belum lagi nanti efeknya ketemu dengan rasa bosan dan itu memang penyakit yang hampir semua penulis rasakan baik yang baru belajar menulis ataupun mungkin bagi penulis handal. Bahaya penyakit ini adalah biasanya diawali dengan menyerang pikiran, cirinya tiba-tiba ide-ide yang kita punya hilang entah kemana. Lantas bingung harus menulis apa, puyeng, dan sederet teman-temannya. Dampak terakhirnya adalah kita akan capek, lelah,dan  malas untuk menulis. Ya, itulah pengalaman dari beliau diwaktu dulu. Sejak  mengenal FreeWriting, beliau terbebas dari hal-hal tersebut, walau tidak langsung begitu keluar dan lolos dari penyakit itu. 

Secara sederhana Free Writing, pokoknya tulis secepatnya terhadap ide yang muncul, jangan takut salah, jangan takut keliru, jangan takut jelek hasilnya, apalagi takut salah ketik, pokoknya tulis dan tulis sampai habis. Modalnya ide, dan ide bisa muncul dari mana saja. Hal-hal lain dalam free writing nanti pada saat proses editing.

Kesimpulan dari materi kali ini adalah:
Rasa bosan adalah penyakit yang sangat berbahaya melebihi  covid 19. Hati-hati dan waspada karena dia bisa menyerang dengan tiba-tiba maka kita harus pupuskan dengan coba dan coba lagi. Sampai kapan kita harus mencoba maka jawabannya sampai kita sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar