Sabtu, 11 Juli 2020

Strategi Pemasaran Buku di Masa Sulit karena Covid-19


Agust. Subardana, S. E., M. M., CDS adalah Narasumber Kegiatan menulis bersama Om Jay Jumat, 10 Juli 2020 Kemarin. Beliau adalah Direktur pemasaran Penerbit Andi. Ada beberapa hal yang disampaikan beliau malam kemarin, diantaranya:

Dampak penjualan Buku Selama Covid-19 antara lain:
  • Jaringan toko buku pada tutup selama covid-19
  • Orang pada takut datang ke toko buku/ mall
  • Penurunan omset toko buku 70%-80%
  • Banyak penerbit memberhentikan distribusi ke toko buku
  • Beberapa penerbit gulung tikar
Grafik pengunjung di gramedia toko buku:

Diatas adalah grafik penurunan pengunjung ke gramedia di masa pandemi covid-19. Penurunan yang cukup drastis.

Nah, untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan dari pandemi ini, perlu ada strategi jitu dalam bisnis penerbitan buku. Berikut gambaran strategi jitu yang dapat dipakai yaitu digital marketing. Apasaja Digital Marketing itu?"Yuk, kita lihat pada bagan berikut!"


Melihat bagan diatas, sangat jelas sekali bahwa digital marketing akan mampu mendongkrak penjualan buku. Inilah strategi yang perlu kita terapkan jika ingin penerbitan buku tetap eksis di masa apapun. Intinya bahwa penguasaan Digital perlu di masa pandemi ini agar tidak tergerus oleh keadaan.

Apa sajakah manfaat dari Digital Marketing itu?

Manfaatnya: 
  1. Biaya relatif murah atau terjangkau
  2. Daya  jangkauan sangat luas
  3. Mudah menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai kategori
  4. Komunikasi dengan konsumen lebih mudah
  5. Mudah dievaluasi dan dikembangkan
  6. Lebih cepat populer
  7. Sangat membantu meningkatkan penjualan
Selanjutnya tentang potensi buku sekolah.. Setiap sekolah harus mengembangkan perpustakaannya agar literasi tetap berjalan. Kebijakan pemerintah terkait penggunaan dana BOS diantaranya:
  • Pengembangan perpustakaan
  • Kegiatan penerimaan siswa baru
  • Kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler
  • Kegiatan evaluasi pembelajaran
  • pengelolaan sekolah
  • Pembelian atau perawatan alat multimedia pembelajaran
  • Pembayaran honor
  • Perawatan sekolah langganan daya dan jasa
  • Pengembangan profesi guru
Harus kita tahu bahwa penerbit Andi  juga melayani/menyediakan  pembelian buku dari dana BOS melalui SIPlah(blanja.com dan blibli.com), buku teks utama K 13(buku HET), bupel pendamping, buku pelajaran peminatan, buku pelajaran SMK untuk buku kelompok C2 dan C3, buku ajar informatika kelas 4,5,6,7,8,9,10,11,12, buku perpustakaan baik buku fisik dan e-books, dan alat-alat olahraga serta alat-alat kesenian.

Kesimpulan:

" Menulis adalah berjuang dan penulis adalah pahlawan yang akan dikenang selama-lamanya, Lembaran karya adalah medan pertempuran dan pena adalah senjatanya, buku adalah gudang ilmu dan kuncinya adalah membaca, membaca adalah jendela dunia."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar