Selasa, 09 Juni 2020

Berbagi Pengalaman Menerbitkan Buku Bu Emi Sudarwati

Display Literasi Hari ini adalah berbagi pengalaman menerbitkan buku oleh Ibu Emi Sudarwati, S. Pd. Alumni Jurusan Bahasa Daerah IKIP Negeri Surabaya Tahun 1993 dan lulus tahun 1998. Mengajar di SMPN 1 Baureno sejak tahun 2005. Disamping aktif mengajar, juga telah menulis dan menerbikan beberapa karya sastra Jawa dan sastra Indonesia. Editor lebih dari 250 buku karya siswa dan guru Indonesia.

Penulis novel berjudul Ngilon(2014), novel Kinanthi (2017), Rona Hidup(2018), Petualangan Siswa Indigo (2019), Novel Sujud Sangisore Talang Mas, dan kumpulan Esai Menulis dan Menerbitkan Buku untuk keliling Nusantara dan Dunia (2019). Bergabung dengan Persatuan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (PERMADANI). Pengelola TBM Kinathi ini juga pimpinan Grup Patungan Buku Inspiratif, yang sudah menerbitkan hampir 400 buku ber isbn. Pada tanggal 28 Oktober 2015, mendapat penghargaan dari Balai Bahasa Jawa Timur sebagai Guru Bahasa Jawa Kreatif. Pada tahun yang sama, juga mendapat penghargaan sebagai finalis Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional.

pada tahun 2016, sebagai juara III Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Bojonegoro. Pada tahun yang sama, juga sebagai juara I Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional, kategori SORAK(Seni, Olah raga, Agama dan Muatan Lokal, dan Bimbingan Konseling). Prestasi ini mengantarnya berkunjung ke negeri Kincir Angin Belanda. Mempelajari sistem pendidikan yang ada di Universitas Windesheim dan Iclon Universitas Leiden. Juga berkunjung ke sekolah-sekolah terbaik di Hollan dan Nederlands. 

Tahun 2017, penulis diundang untuk mengikuti workshop Literasi di Kota Batam. Tidak ingin melewatkan kesempatan, beberapa peserta menyempatkan mampir ke negara tetangga, yaitu Singapura. Sehari di Kota Lion, melahirkan sebuah buku berjudul Dag Dig Dug Singapura. 

Tahun 2018, ratusan buku lahir dari grup Patungan Buku Inspiratif. Karena sejak tahun 2018 ini lebih banyak menerbitkan  SBGI dan SBSI, maka nama grup dirubah menjadi Penerbit Buku Inspiratif(PBI). Beberapa undangan dari daerah-daerah lain berdatangan. Akhirnya penulis berinisiatif, hanya menerima undangan sebagai nara sumber pada hari Sabtu-minggu atau Jumat sore. 

Tahun 2019, penulis mengawali terbitnya buku Kado Cinta 20 Tahun dan Haiku. Karya ini ditulis berdua dengan suami. Semoga dengan lahirnya buku tersebut, ikatan pernikahan penulis dengan suami semakin bahagia. Selanjutnya, di tahun yang sama Penulis ingin menerbitkan 2 buku tunggal dan beberapa buku patungan. Buku tunggal yang pertama berbahasa Jawa, yaitu pengalaman selama haji dan umrah. Sedangkan buku tunggal yang kedua adalah Menulis dan Menerbitkan Buku sampai Keliling Nusantara dan Dunia. Adapun untuk patungan, seperti biasa saja. Yaitu menulis bersama siswa SMPN 1 Baureno dan bersama grup Patungan Buku Inspiratif. Juga menulis bersama penerbit Pustaka Ilalang. 

Buku adalah bukti sejarah. Merupakan catatan bahwa kita pernah hidup di dunia ini. Oleh krena itu, saya ingin mengabdikan setiap jengkal perjalanan menjadi sebuah buku. Setiap karya pasti akan menemukan takdirnya sendiri. Semoga buku sederhana ini menginspirasi banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar