Rabu, 17 Juni 2020

Ngeblog di Blogger.com

Display Literasi hari ini adalah Ngeblog di blogger.com. Ini menjadi judul resume dalam kegiatan menulis gelombang 9 yang saya ikuti. Walaupun kali ini saya agak telat dalam menyelesaikan tugas resume ini. Tapi saya harus belajar bertanggung jawab dan harus mengejar ketertinggalan. Lebih baik mengerjakan daripada tidak sama sekali. Berikut profil Narasumber belajar menulis kali ini:
Nama: Raimandus Brian Prasetyawan, S. Pd.
Tempat Tgl Lahir: Jakarta, 30 Juni 1992
Pendidikan: S1 PGSD
Pekerjaan: Guru SD
Tempat Tinggal: Bekasi
Aktivitas Lain: ngeblog sejak 2009, menulis buku, puluhan artikel dimuat media cetak

Pak Brian sudah memulai menulis di blog miliknya sejak tahun 2009. Beliau menceritakan awal mulanya mengenal blog. Karena merasa belum punya passion menulis waktu itu, beliau menulis ulang artikel-artikel unik yang terdapat pada koran/ tabloid. Jadi jelasnya, beliau membuat blog karena diajak oleh temannya. Maka pertanyaan selanjutnya adalah "mengapa tetap mau ngeblog sampai sekarang? kata kuncinya adalah Motivasi, "Tutur Pak Brian.
Motivasi ada dua yaitu dari hasil ngeblog dan target ngeblog. sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja.

Ide Tulisan
Kurangnya ide tulisan kerap menjadi penghambat aktivitas menulis kita, terkadang kita sudah berada di depan laptop dan siap menulis, tapi masih bingung mau menulis apa. Menurut Brian, tak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk bisa menulis.Beliau memiliki prinsip, hal biasa yang kita lakukan/ alami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain.Maka hal uang paling mudah kita tulis adalah pengalaman/ aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Apalagi kita guru, tentu punya banyak cerita.

Blogger vs Wordpress
Antara Blogger atau wordpress tergantung selera masing-masing. Lebih spesifik lagi, tergantung blog mana yang pertama kali ia kenal. Jika pertama kali blog yang dikenal adalah wordpress, maka akan mempelajari wordpress sampai terbiasa dan nyaman, sehingga menganggap wordpress lebih bagus. Maka menurut Brian, tidak ada jawaban objektif untuk menjawab pertanyaan itu.

Teknis Penggunaan Blogger
Hal terbaru dari blogspot adalah blogger.com perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru. Saat ini, jika baru membuat blog, maka secara otomatis kita disajikan penampilan baru blogger.com. Namun ini masih tahap uji coba. Kita masih dapat mengembalikan ke tampilan lama blogger. Namun suatu saat pasti tampilan baru akan menjadi permanen. Maka sedikit demi sedikit mulai membiasakan diri dengan tampilan baru Blogger.com

Brian juga menulis buku tentang blog, dengan judul bukunya "Blog Untuk Guru Era 4.0". Apa saja isi buku itu? silahkan lihat daftar isinya di blog Pak Brian di "http://www.praszetyawan.com/2020/03/daftar-isi-lengkap-buku-blog-untuk-guru.html". Saat ini Pak Brian memiliki dua buku solo. Pertama, buku blog untuk guru. Kedua, Buku aksi literasi guru masa kini baru terbit bulan lalu. Buku kedua ini berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog praszetyawan.com dan blog gurusiana. Dalam waktu dekat buku solo ketiga Pak Brian akan terbit. Berjudul "Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari" berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah, dan opini pendidikan. Selain 3 buku solo, Beliau juga membuat 1 buku antologi cerita mini bersama siswa sekelas dengan tema hobi.

Tips Membukukan tulisan dari blog ala Pak Brian
Membukukan tulisan blog akan lebih mudah jika blog memiliki niche. Niche adalah istilah yang merujuk  pada tema khusus yang digunakan pada seluruh postingan blog. Contoh niche blog yaitu pendidikan, kesehatan, buku, otomotif, fashion, kuliner, traveling, dan lain sebagainya. Pak Brian sendiri memiliki blog dengan niche tutorial blogger, blog buku, dan blog pembelajaran.
Buku memerlukan sebuah tema. Walaupun isinya berupa kumpulan berbaai artikel, diperlikan satu tema besar yang menjadi benang merahnya. berbeda jika blog kita tidak memiliki niche yang jelas. Segala macam tema ada di blog itu. Blog seperti itu bisa disebut blog personal. Dengan beberapa niche yang Pak Brian punya akhirnya beliau dapat menentukan beberapa tema besar yang bisa dibukukan. Masing-masing temanya adalah dunia menulis, dunia blogging, cerita pengalaman & opini, pendidikan, dan Traveling.

Kesimpulan:
  1. Menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan kita menjadi buku. Jangan sampai kesulitan dalam ngeblog membuat kita menyerah dalam menulis.
  2. Menulislah dengan lepas tanpa beban 
  3. Hal biasa menurut kita, bisa jadi dianggap luar biasa oleh orang lain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar