Minggu, 28 Juni 2020

Membangun Branding Lewat Blog dan Media Sosial

Namin AB Ibnu Solihin adalah founder motivator pendidikan.com, motivator dan Trainer pendidikan, pembicara seminar parenting, konsultan Branding sekolah, Dosen, Blogger Pendidikan, penggiat Pendidikan dan ayah dari 3 putri dan 1 putra yang hidup tanpa gedget dan televisi.
lebih dari 15 tahun telah berkarier dalam dunia training, baik social maupun professional. Sejak Tahun 2015 telah berbagi inspirasi di lebih dari 250 lembaa pendidikan, NGO, komunitas dan perusahaan diberbagai kota dan pelosok Indonesia. Namin AB Ibnu Solihin, memulai karir dalam dunia pendidikan sebaai office boy alias tukang sapu laboratorium komputer di sekolah SMK juga office boy di sekolah dasar disatu lokasi yang sama. Pada saat yang sama Beliau masih berstatus sebaai pelajar sekaligus sebagai seorang ketua OSIS, hal ini dilakukannya untuk melatih mental kemandiriannya agar tidak tergantung pada orang tua dan orang lain.

Memulai hidup mandiri sejak dirinya usia kelas 6 SD sudah berjualan es Mambo, jadi tukang bongkar muat bata merah pada saat sekolah MTS, menjadi penjaga kedai buku dan fotokopi pada saat awal-awal kuliah, menjadi penyiar radio, jurnalis tabloid, bahkan sempat mendirikan sebuah EO bernama Semangat Promosindo.

Passionnya dalam dunia mengajar dimulai saat masih sekolah di Madrasah Diniyah dan MTS pada saat itu  Namin sudah mengajar di TPA. Namin juga terampil dalam bidang public speaking, leadership, dan manajemen organisasi sudah dimulai sejak dirinya aktif dalam berbagai kegiatan organisasi, dimulai dari organisasi remaja, pelajar, Mahasiswa, organisasi kemasyarakatan dan agama serta organisasi guru. 

Ditahun 2012 Namin mulai melakukan  branding bagi dirinya sendiri. Ilmu branding dipelajarinya secara otodidak sejak tahun 2007. Selama perjalanan menjdi guru dan kepala sekolah beliau banyak membuat ide dan gagasan untuk mengembangkan sebuah sekolah seperti mendesign logo, membuat kegiatan sekolah yang menarik, dan mendesign kurikulum. 

Membranding diri tidaklah mudah, itulah kenyataan yang dialami oleh Namin. Tercatat tahun 2012-2015, Namin melakukan beberapa kali branding untuk dirinya namun hasilnya tidaklah memuaskan.Hingga akhirnya ditahun 2014, Namin mulai menjadi Trainer dan motivator pendidikan secara profesional dengan branding motivator pendidikan kreatif dan membuat blog: motivatorkreatif.wordpress.com.

Pada tahun 2015, Namin melauncing program Training, seminar dan workshop di website www.motivatorpendidikan.com, sejak saat itulah Namin AB Ibnu Solihin dikenal sebaai founder motivator pendidikan. Pengalamannya memberikan training selama kurang lebih 15 tahun, Namin kini dikenal sebagai motivator dan trainer pendidikan. Beberapa buku juga pernah diterbitkannya diantaranya "Saya Mau Jadi Guru Go Blog", "Mendidik dengan Cinta dan Keteladanan", "Cinta Sang Guru", dan buku antalogi yang digagasnya bersama guru dan mahasiswa diantaranya "Guru Kreatif di Zaman Digital, "Bukan Guru Biasa", "Pelangi Cinta dan Cita, "Inspirasi untuk Membangun  Masa Depan".

Dari pengalaman Branding Naim, dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali mendengar kata brand. Secara instan, sebagian besar dari kita mungkin mengasosiasi itu dengan merek sebuah produk dan erat kaitannya dengan logo perusahaan. Jadi Branding didefinisikan sebagai suatu kegiatan untuk membuat nama, simbol, ataupun identitas untuk membedakan satu produk/jasa dengan produk/jasa yang lainnya. Tujuan kita branding tulisan adalah karya yang kita buat bisa dinikmati oleh banyak orang. Jika orang sudah merasakan manfaatnya, orang akan menghubungi kita, baik jadi pembicara atau penulis atau dijadikan ahli konsultan. 

"Teruslah bersemangat untuk memantaskan diri menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan, dan meneladani!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar