Jumat, 05 Juni 2020

Berbagi Pengalaman Menerbitkan Buku


Display Literasi malam ini adalah berbagi pengalaman menerbitkan buku oleh Dra. Sri Sugiastuti, M. Pd. Terlahir dengan nama Sri Sugiastuti, 8 April 1961. Merasa terlambat belajar menulis. Ia menghabiskan masa kecilnya di Jakarta sejak usia 1 tahun hingga lulus SMA tahun 1980. Kuliah di UNS setelah lulus mengajar di Jakarta hingga tahun 1990. Cinta dan tanggung jawabnya pada keluarga membawanya hijrah ke Solo sejak tahun 1990 hingga saat ini.

Ibu sri berproses menjadi seorang penulis diusia hampir mendekati 50 tahun. Tapi berbekal pedoman, terus berusaha, belajar, dan akhirnya ketagihan menulis buku. Ditahun 2007 bu Sri baru melanjutkan S2 nya dengan jurusan pengkajian Bahasa Inggris, jeda kurang lebih 25 tahun dari pendidikan sebelumnya. Dari sejak itulah Bu Sri harus terbiasa dengan internet, Medsos, sering ke perpustakaan, dan ke toko buku. Sampai pada akhirnya menemukan sebuah buku karangan kang Ewa yang mengatakan menulis buku itu gampang. Dari buku itu Bu Sri punya keyakinan untuk bisa menulis.

 

Pada tahun 2009, beliau diajak oleh temannya untuk menulis buku ajar penerbit Erlangga seri pendalaman materi ujian Nasional Bahasa Inggris untuk SMK. Enam bulan setelah revisi, akhirnya Oktober 2010 bukunya terbit. Bu sri merasa bangga dan merasakan royalti dari hasil menerbitkan buku ajar itu.

 

Tahun 2013 Bu sri bertemu dengan Om Jay dan waktu itu sudah ada 3 buku yang diterbitkan sebelumnya. Buku pertama buku parenting berjudul"Seni Mendidik Anak Sesuai Tuntunan Islami". Buku kedua Novel Hidayah"Kugelar Sajadah Cinta". Buku ketiga"Deburan Ombak Waktu. 

Keseharian Bu Sri adalah mengajar, pegiat Literasi, pengurus TPQ di mesjid Al Fath, Blogger, komunitas berbagai kepenulisan baik online maupun offline, salah satunya aktif di blog Gurusiana dan komunitas sejuta guru ngeblog. pegiat Literasi Nusantara dan Duta Bunda Baca Soloraya.


kesimpulannya adalah tetaplah menulis dan belajar mengupgrade diri agar naik kelas, menulislah apa yang disukai dan dikuasai, latihlah keterampilan menulismu dengan berbagai ide yang dimiliki, jadikan menulis dan membaca sebagai gaya hidup, dan biarkan tulisan itu menemui takdirnya.

 

Penulis memiliki 4 orang anak dan suami siaga yang selalu mendukung segala kiprah istrinya yang positif. Penulis bisa dihubungi di astutianamudjono@gmail.com , www.srisugiastutipln.com Akun FB Astutiana. M,@Astutiana.M. IG. Astutianamudjono. Atau WA 089692593804.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar